Senin, 20 Juni 2011

Pengertian Sistem Informasi


Defenisi Sistem informasi menurut Sutarbi dalam bukunya “Sistem Informasi”, Andi, Yogyakarta, 2003.
“Sistem informasi adalah Sekumpulan prosedur organisasi yang pada saat dilaksanakan akan memberikan informasi bagi pengambil keputusan dan / atau untuk mengendalikan organisasi. Defenisi ini pada dasarnya menekankan bahwa informasi merupakan alat untuk mengurangi ketidakpastian yang senantiasa akan dihadapi seorang pemimpin”.
Sistem informasi merupakan gabungan dari beberapa komponen atau unit yang saling berhubungan, yang dimana hasilnya digunakan untuk tujuan tertentu dalam mengambil keputusan atau kebijaksanaan. Sebuah sistem informasi berdasarkan komputer dapat mengurangi biaya sekaligus meningkatkan kemampuan pada prestasi sistem informasi. Kebanyakan gagasan sistem informasi ini adalah gagasan lanjutan dalam kerukunan manajerial dan ilmu pengetahuan manajemen. Konsep sistem informasi ini jauh diatas tingkat operasional dan menjadi sebuah sistem yang memberikan sumber daya informasi guna mendukung bidang-bidang keputusan dari perencanaan manajemen. Pemakai sistem informasi memiliki jangkauan pada suatu data base yang luas dan pada suatu bank model yang terdiri dari analisis, model pengolahan, model keputusan, model perencanaan dan lain - lain.
Struktur sebuah sistem imformasi manajemen terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, database, prosedur serta petngas operasi subsistem dapat ditinjau berdasarkan fungsi keorganisasian (seperti pemasaran dan produksi) atau berdasarkan kegiatannya misalnya: perencanaan, subsiste fungsional dapat mengandung subsistem kegiatan yang ada hubungannya dengan fungsi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Erick Damanik. Diberdayakan oleh Blogger.
 
Copyright © 2011. Kumpulan Ilmu . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates